Apa yang perlu dipersiapkan dan dilakukan jika diterima kerja?

Segala sesuatu itu jika kita lakukan dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah, pasti akan menghasilkan sesuatu yang baik. Apabila dalam perjalanan tes pekerjaan Anda, Anda bisa menjalani tes tersebut dengan baik dan total, maka Anda akan mendapatkan pekerjaan tersebut. Bisa juga tawaran kerja itu Anda terima ketika tes wawancara berakhir. Lalu apa yang perlu dilakukan dan dipersiapkan jika tawaran kerja itu datang kepada Anda? Maka dalam tulisan kali ini saya akan membahas mengenai apa yang perlu Anda persiapkan dan lakukan ketika Anda diterima kerja.

Apa yang perlu Anda lakukan jika diterima kerja?

apa-yang-dilakukan-jika-diterima-kerja

Tawaran kerja itu biasanya ada yang bersifat langsung dan tidak langsung. Bersifat langsung artinya artinya tawaran kerja itu langsung ditawarkan kepada Anda langsung ketika tes wawancara berakhir. Sedangkan tawaran yang bersifat tidak langsung biasanya Anda diberikan waktu untuk berfikir terlebih dahulu. Tawaran kerja yang langsung dan tidak langsung ini bisa Anda konfirmasikan lebih dulu sesuai dengan syarat pekerjaan. Apabila ada waktu untuk berfikir terlebih dahulu, maka gunakan waktu itu. Jika tawaran tersebut langsung, maka berfikirlah secara matang sekitar 5-15 menit untuk menjawab tawaran itu. Ketika tawaran datang, biasanya memerlukan syarat seperti surat keterangan atau tanda bukti pemeriksaan dari dokter perusahaan. Maka biar lebih jelas, tanyakan ini pada pihak perusahaan :

Hak, Kewajiban dan Tanggung Jawab

Berbagai hal yang menyangkut pekerjaan Anda seperti surat perjanjian kerja, akan diserahkan kepada Anda dalam kurun waktu 100 hari atau tiga bulan dari hari pertama bekerja. Adapun isi surat perjanjian kerja antara lain :

  1. Nama pekerjaan
  2. Jumlah gaji yang akan Anda terima
  3. Cara Anda dibayar, transfer bank atau bendahara kantor
  4. Jam kerja, adakah jam lembur disertai uang lembur
  5. Hari libur serta pembayaran waktu hari libur
  6. Lamanya masa magang, bila ada
  7. Lamanya masa observasi
  8. Kedisiplinan
  9. Cara berpendapat atau mengemukakan keluhan
  10. Hak pensiun (jika ada).
Ada hal penting yang harus ketahui, surat perjanjian kerja yang Anda terima sebaiknya Anda ketahui sebagai dokumen yang resmi dan harus Anda jaga dengan hati-haiti.

Biasanya setelah adanya surat perjanjian kerja itu, perusahaan memberikan gaji utama yang sesuai dengan tingkat pekerjaan. Bagaimana bisa tahu hal tersebut? biasanya hal-hal tersebut dapat Anda ketahui pada saat melakukan tes wawancara, tetapi untuk lebih jelasnya sebaiknya Anda tanyakan kembali dalam bentuk tertulis ketika tawaran pekerjaan disodorkan kepada Anda. Tunjangan bisa berupa asuransi, tunjangan istri, tunjangan anak, tunjangan kendaraan kantor atau perusahaan serta tunjangan bantuan pendidikan anak-anak bagi yang berkeluarga.

tunjangan-karyawan
Lalu, Anda juga harus memperhatikan dengan seksama mengenai ijin cuti dan hari libur. Bisa saja tidak ada aturan yang pasti bagi perusahaan untuk melakukan pembayaran gaji pada hari libur. Atau bisa juga pembayaran selama tidak masuk kerja karena sakit atau kecelakaan. Pembayaran tersebut tentunya sudah masuk dalam aturan perusahaan. Anda bisa memberikan jawaban pada pimpinan Anda ketika pekerjaan baru ditawarkan secara tertulis. Tentu saja ketika Anda sudah menerima penawaran secara tertulis tersebut.

Sebagai penutup dari artikel singkat saya ini, saya harap segala upaya dan kerja keras Anda akan terbayarkan dengan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan apa yang menjadi harapan dan ekspetasi Anda. Bila nanti sudah diterima menjadi karyawan tetap, janganlah cepat merasa puas, terus tingkatkan kemampuan Anda dalam hal apapun dan tetap semangat!!


"Persiapan terbaik untuk hari esok adalah mengerjakan pekerjaan hari ini dengan baik"
(William Oster) 

2 Responses to "Apa yang perlu dipersiapkan dan dilakukan jika diterima kerja?"