Teknik Presentasi -- Teknik Menguasai Audience, Biar Pede Waktu Presentasi

presentasi yang baik
Teknik Presentasi yang baik tidak lepas dari kemampuan kita untuk menguasai audience, serta membuat animasi powerpoint yang sederhana, namun efektif. Banyak orang dengan materi yang sangat menarik tetapi melakukan presentasi tidak menarik, misalnya presentasi dengan membaca teks, terlalu banyak menggunakan animasi powerpoint yang tidak perlu (huruf loncat-loncat, bendera berkibar-kibar) atau presentasi seperti membaca hafalan tanpa ada kontak mata dengan audience. Maka dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan sebuah presentasi. Agar apa yang kita sampaikan, bisa diterima oleh audience kita dan mengena atau lebih tepat sasaran maksud dan tujuan presentasi kita.


Apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan presentasi?

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kita perhatikan dan lakukan agar presentasi yang akan kita lakukan akan berjalan dengan baik, tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan kita dalam melakukan presentasi.

Lakukan Persiapan Dengan Matang


     Persiapan merupakan bagian penting dalam presentasi. Seperti ketika seorang koki akan memasak sebuah masakan, maka dia akan memperhatikan persiapan supaya apa yang dia buat akan menjadi hidangan yang menggugah selera. Seperti menyiapkan bahan makanan, kebersihan tempat, kebersihan diri, dan kebersihan peralatan memasaknya. Demikian pula dengan presentasi, 90% bagian dari presentasi adalah persiapan, sisanya adalah penyajian dan diskusi. Persiapan yang cermat itu diperlukan demi dua alasan, yang pertama adalah untuk menemukan informasi lebih lanjut tentang tema untuk disajikan kepada audience. Kedua adalah memberikan gagasan kepada audience, serta memperoleh dan mempertahankan perhatian audience. Dalam hal ini, maka Anda perlu mempersiapkan :
  1. perencanaan materi;
  2. pemilihan aplikasi pembuatan presentasi;
  3. penguasaan aspek teknis.
mari kita bahas satu per satu ...........

1.   Perencanaan Materi.

persiapan presentasi
Keuntungan utama dari persiapan yang cermat adalah efisiensi waktu presentasi serta mengurangi kegugupan dan demam panggung.  Persiapan materi juga akan sangat membantu Anda dalam menerangkan atau menjelaskan apa yang menjadi materi dalam presentasi kita. Karena itu pelajari dengan seksama tentang apa yang nantinya akan Anda sampaikan. Jangan sampai ketika sudah didepan audience, Anda tidak tahu apa yang akan Anda ucapkan. Langkah-langkah persiapan materi diantaranya adalah :
  • Tentukan tema dan tujuan secara spesifik. Artinya meskipun Anda menyusun satu dokumen yang komprehensif, pastikan Anda memiliki dokumen presentasi dengan tujuan dan target audience penyajian presentasi yang lebih spesifik.
  • Susun kerangka materi presentasi. Sususn poin-poin utama presentasi, estmimasikan jumlah dan koherensi slide-slide termasuk pertimbangan perlunya referensi tambahan.
  • Kumpulkan materi utama dan pendukung. Artinya pengumpulan materi dapat dilakukan sejak awal. Pilih gambar, audio, atau video sebagai objek pendukung. Siapkan tabel, grafik dan data pendukung jika diperlukan.
2.   Pemilihan aplikasi pembuatan presentasi
powerpoint

      Aplikasi pembuatan presentasi terbagi dalam beberapa kategori. Perbedaan utama yang dimiliki masing-masing jenis aplikasi umumnya terletak pada output file yang dihasilkan dan media penyajian presentasi yang diakomodasi oleh aplikasi terkait. Tentukan aplikasi pembuat presentasi yang tepat :
  • Aplikasi Office. Pembuatan aplikasi office disarankan bagi pembuatan dokumen presentasi secara cepat dan praktis. Integrasi aplikasi office memungkinkan penyajian grafik, tabel dan data dapat dilakukan dengan mudah. Microsoft Powerpoint merupakan contoh aplikasi yang lazim digunakan.
  • Aplikasi Multimedia. Pengunaan aplikasi multimedia disarankan bagi pembuatan dokumen presentasi yang interaktif, otomatis dan berdaya tarik. Penggunaan efek, animasi, objek grafis serta materi video dan audio menjadi lebih optimal jika dirangkai melalui jenis aplikasi ini.
  • Aplikasi Dokumentasi. Penggunaan aplikasi ini disarankan bagi pembuatan dokumen presentasi dengan materi detil dan kompehensif. Fleksibilitas penyajian output file sangat tinggi, bahkan bersifat multi platform (dapat diakses dari berbagai sistem operasi) dan dapat disajikan secara aman melalui beberapa metode (misalnya via internet).
3.    Penguasaan aspek teknis
presentasi yang membosankan

Selain menguasai aspek pembuatan dokumen presentasi akan lebih ideal jika memahami dengan baik berbagai aspek teknis berkaitan dengan penyajian presentasi. Aspke ini sangat penting karena jika tidak dipertimbangkan dengan matang, maka akibatnya orang akan bosan dengan presentasi Anda dan Beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan adalah :
  • Pemilihan Perangkat Komputer. Pertimbangan pemilihan perangkat komputer antara lain spesifikasi teknis komputer, kelengkapan perangkat teknologi, sistem operasi dan aplikasi penunjang.
  • Pemilihan Media Simpan. Media simpan tidak terbatas pada hardisk, pertimbangkan juga dari segi portabilitas, fleksibilitas dan mobilitas media simpan bagi dokumen presentasi. Misalnya pemakaian USB Flash Memory, Harddisk External, atau hosting internet. 
  • Pemilihan perangkat display. Perangkat display presentasi tidak hanya terbatas pada OHP. Pertimbangkan penggunaan LCD projector. Tentukan juga jenis screen yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Pemilihan perangkat Pendukung. Sound System yang memadai dapat menjadi pendukung bagi penyajian presentasi.

Sampaikan Presentasi Anda Dengan Tenang


Sebagus apapun materi presentasi Anda, selengkap apapun perangkat presentasi yang tersedia, semua akan sia-sia jika teknik penyajian presentasi Anda tidak menarik. Ada beberapa tip yang perlu dilakukan :
  1. Tuliskan kata-kata kunci secara berurutan
  2. Lakukan kontak mata dengan audience
  3. Berikan penjelasan yang jujur pada setiap penanya dan terimalah saran serta kritik
  4. Jangan menghafal kata demi kata
  5. Sampaikan informasi dalam bentuk ilustrasi dan contoh
  6. Kuasai materi secara lengkap
  7. Jangan cemas dan tergesa-gesa waktu penyajian
  8. Jangan meniru gaya orang lain, jadilah diri sendiri
  9. Proporsional dalam penggunaan waktu untuk pengantar, isi, tanya jawab, kesimpulan dan saran
Yakinkan hadirin dengan penampilan Anda. Sukses penyaji tergantung pada sikap audience. Sikap dan tindakan audience tergantung dari sikap penyaji. Kesan pertama sangat menentukan sikap hadirin selanjutnya (Kesan pertama seperti tengah Menghadapi Wawancara Kerja). Jika pembicara memberikan kesan positif, maka sikap audience akan positif dan menyenangkan. Menurut teori Public Speaking keberhasilan seseorang presentasi ditentukan oleh tujuh detik pertama ia tampil. Orang cuma membutuhkan tujuh detik untuk melihat apakah Anda cukup.

Pendapat lain audience, hanya akan mendengarkan pembicara apabila ada perhatian (attention) karena penampilan, sikap, dan perilaku pembicara yang menumbuhkan minat (interest) dan rangsangan (desire) sehingga audience berani mengambil keputusan (decision) untuk bertindak (action) dengan memperhatikan, bertanya, memberi tanggapan. Lebih jauh audience berusaha mengadopsi, mencoba dan menerapkannya.

diskusi menarik
Manfaatkan diskusi sebaik mungkin. Presentasi yang menarik, akan memancing banyak pertanyaan dan komentar dari audience. Pembicara hendaknya memandang tanggapan, saran maupun pertanyaan secara positif. Banyak pembicara pemula beranggapan bahwa forum tanya jawab merupakan "forum pembantaian", bahkan sering khawatir dan takut disering, dikritik, diuji, bahkan dijatuhkan. Ada audience yang ingin menunjukkan kepandaian, namun pembicara harus tetap tenang, dan berfikir positif bahwa semua pertanyaan merupakan masukan berharga. Apabila yang dikemukakan mengandung kebenaran, terima dengan jujur sebagai kebenaran, sebaiknya jika pertanyaannya bertolak belakang dengan apa yang kita sampaikan, sampaikan tanggapan dari kita berupa penjelasan-penjelasan secara bijaksana dengan argumentasi yang dapat diterima.

Mengakhiri Presentasi


Dalam mengakhiri presentasi, pembicara diharap untuk mengulas kembali point-point yang penting yang perlu digaris bawahi.

Penutup
Jika seseorang belum terbiasa melakukan presentasi, tiba-tiba diharuskan presentasi pada forum resmi seringkali mengalami kegagalan karena kata-kata macet di tengah jalan atau penjelasan yang diberikan salah. Akibatnya audience menjadi kurang percaya dan sulit menerima argumen Anda. Untuk menghindari hal ini, perlu berlatih berulang kali di depan teman-teman. Berlatih seolah-olah berada pada situasi formal dan meminta untuk mengoreksi sisi yang lemah dari diri Anda. Salah satu manfaat berlatih presentasi di depan orang adalah meningkatkan keberanian dan rasa percaya diri.

Sekian dulu ya sobat, artikel kali ini mengenai teknik presentasi, semoga artikel ini bisa membantu temen-temen semua, dan bantu sebarkan buat yang membutuhkan.

Salam hangat, def+ 

0 Response to "Teknik Presentasi -- Teknik Menguasai Audience, Biar Pede Waktu Presentasi"

Post a Comment