Mengapa Setiap Mendirikan Perusahaan Itu Juga Harus Didaftarkan? Berikut Penjelasan dan Dasar Hukumnya

pt-semen-padang-contoh-pendaftaran-perusahaan
Mengapa pendaftaran perusahaan itu penting?

Pengaturan hukum yang membahas mengenai kewajiban untuk melakukan pendaftaran perusahaan di Indonesia dewasa ini didasarkan pada UU No. 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan. Daftar perusahaan sendiri menurut Pasal 1 adalah daftar catatan resmi yang diadakan menurut atau berdasarkan UUWDP atau peraturan-peraturan pelaksanaan lainnya, dan memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang dari kantor pendaftaran perusahaan.

Daftar perusahaan sebenarnya dibuat dengan tujuan untuk mencatat bahan-bahan keterangan yang dibuat secara benar dari suatu perusahaan dan merupakan sumber informasi resmi untuk semua pihak yang berkepentingan mengenai identitas, data, serta keterangan lainnnya tentang perusahaan yang tercantum dalam Daftar Perusahaan dalam rangka menjamin kepastian dalam berusaha. Mengenai arti pentingnya daftar perusahaan baik bagi pemerintah, dunia usaha, maupun bagi masyarakat pada umumnya penjelasannya dapat ditemukan dalam Penjelasan Umum UUWDP.

Bagi pemerintah, adanya daftar perusahaan ini sangat penting karena akan memudahkan untuk sewaktu-waktu dapat mengikuti secara seksama keadaan dan perkembangan sebenarnya dari dunia usaha di Indonesia secara menyeluruh. Serta daftar perusahaan sangat berguna untuk pengamanan pendapatan negara karena sekaligus dapat diarahkan dan diusahakan untuk terciptanya iklim usaha yang tertib dan sehat. Bagi dunia usaha, Daftar Perusahaan sangat penting untuk mencegah dan menghindari praktek-praktek usaha yang tidak jujur. Sedangkan bagi masyarakat pada umumnya dan para pengusaha pada khususnya daftar perusahaan bertujuan untuk mencatat bahan-bahan keterangan yang dibuat secara benar, oleh karena itu daftar perusahaan dapat menjadi alat pembuktian yang sempurna terhadap setiap pihak ketiga sepanjang tidak dibuktikan sebaliknya.

Daftar perusahaan haruslah mempunyai sifat terbuka, mengapa harus "terbuka"?


Untuk mendukung tujuan pemberian informasi yang benar bagi dunia usaha, maka dalam Pasal 3 UUWDP menentukan bahwa daftar perusahaan bersifat terbuka untuk semua pihak. Artinya bahwa daftar perusahaan tersebut dapat dipergunakan oleh pihak ketiga sebagai sebuah sumber informasi.

Kemudian di dalam Pasal 4 UUWDP diatur pula bahwa setiap pihak yang berkepentingan, setelah memenuhi biaya administrasi yang diterapkan oleh menteri, berhak untuk memperoleh keterangan yang diperlukan dengan cara mendapatkan salinan atau petikan resmi dari keterangan yang tercantum di dalam daftar perusahaan yang disahkan oleh pejabat yang berwenang dari kantor pendaftaran perusahaan.

Selanjutnya di dalam pasal 5 UUWDP menentkan, bahwa setiap perusahaan wajib didaftarkan dalam daftar perusahaan. Perusahaan yang wajib di daftar tersebut adalah setiap perusahaan yang berkedudukan dan menjalankan usahanya di wilayah negara Republik Indonesia menurut ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk di dalamnya kantor cabang, kantor pembantu, anak perusahaan serta agen dan perwakilan dari perusahaan itu yang mempunyai wewenang untuk mengadakan perjanjian.

daftar-perusahaan
Bentuk perusahaan yang wajib didaftarkan dalam daftar perusahaan itu adalah badan hukum (termasuk di dalamnya koperasi), persekutuan, perseorangan, dan perusahaan lain diluar yang telah disebut menurut penjelasan dari Pasal 16 ayat (1), yang dimaksud dengan bentuk usaha lainnya adalah misalnya perusahaan negara, bentuk usaha negara yang dimaksud seperti perusahaan perseroan, perusahaan umum, dan perusahaan daerah. Adapun mengenai hal-hal yang wajib didaftarkan di dalam daftar perusahaan tersebut sangat tergantung kepada jenis perusahaan yang didaftarkan. Pengaturan yang rinci mengenai hak-hak apa saja yang harus didaftarkan tersebut terdapat dalam pasal 11 sampai dengan pasal 17 UUWDP.

Nah, kira-kira seperti itulah teman-teman pembaca mengenai kenapa kok setiap mendirikan perusahaan harus segera untuk didaftarkan. Semoga penjelasan singkat dari saya bisa menambah referensi pembaca semua dan seperti biasa, semoga bermanfaat...

deffendy+
loading...
.

0 Response to "Mengapa Setiap Mendirikan Perusahaan Itu Juga Harus Didaftarkan? Berikut Penjelasan dan Dasar Hukumnya"

Post a Comment