Hal-hal yang Penting dan Mendasar Agar Dapat Meraih Kesuksesan


Pondasi dari suatu kesuksesan bukanlah seperangkat prestasi atau gabungan dari berbagai faktor eksternal saja, akan tetapi sukses adalah suatu pola pikir. Sukses adalah sikap yang berasal dari kerangka keyakinan yang kuat dan kekuatan pikiran yang ada dalam dalam diri Anda. Karena apa yang Anda pikirkan dan apa yang Anda yakini dalam hidup Anda adalah hal yang menentukan bagaimana Anda harus bertindak dan bagaimana Anda harus mencapai kesuksesan tersebut.

Orang-orang sukses di dunia ini percaya bahwa mindset atau pola pikir yang benar sangatlah penting sebagai pondasi untuk mencapai apapun yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa hal yang sering diyakini oleh banyak orang sukses di dunia dalam mencapai kesuksesannya, Anda bisa menanamkan hal-hal berikut ini pada pikiran dan sikap Anda, agar Anda bisa mencapai kesuksesan yang Anda inginkan.

Hal-hal yang Penting dan Mendasar Agar Dapat Meraih Kesuksesan


hal-penting-agar-anda-meraih-kesuksesan

(1)  Masalah yang dihadapi adalah suatu peluang

Jangan biarkan masalah dan tantangan yang Anda hadapi menghentikan perjuangan Anda. Ketika suatu masalah muncul biasanya itu adalah pertanda bahwa Anda akan mendapatkan suatu peluang atau kesempatan baru yang lebih baik yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Banyak sekali orang yang menjadi sukses karena mampu mengubah suatu masalah atau kegagalan mereka dimasa lalu menjadi sebuah peluang keuntungan. Tetaplah berjuang terhadap kesuksesan yang ingin Anda capai dan selalu berfikir positif atas apapun yang terjadi. Dan jika kesempatan atau peluang muncul maka segeralah bertindak, jangan buang-buang waktu karena kesempatan tersebut bisa saja hilang.

(2)  Ciptakanlah suatu nilai tambah

Hal yang harus Anda pikirkan untuk mencapai kesuksesan adalah bagaimana Anda menciptakan suatu nilai tambah yang bermanfaat bagi orang lain. Kebanyakan orang sukses yang ada di dunia memperoleh keuntungan karena mereka telah menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, entah itu dalam bentuk layanan jasa atau produk/barang. Mereka adalah orang-orang yang produktif, kreatif dan inovatif yang telah membuat kehidupan orang lain menjadi lebih mudah. Anda pun bisa memulainya dengan menciptakan suatu nilai tambah dari hal-hal yang Anda sukai (“do what you love” ).

(3)  Lakukan persiapan secukupnya dan jangan takut gagal

Untuk mencapai kesuksesan memang perlu persiapan, akan tetapi jika Anda melakukan persiapan secara berlebihan dan menyebabkan Anda lambat untuk bertindak maka ini bisa menjadi hal yang buruk. Jangan takut gagal jika Anda belum melakukan persiapan dengan baik, lakukan saja persiapan secukupnya, dan jangan sampai terlalu banyak berfikir atau merasa khawatir secara berlebihan dengan apa yang akan terjadi kedepannya. Karena sebaik apapun suatu rencana akan selalu ada rintangannya, akan tetapi rintangan tersebut akan selalu ada solusinya, percayalah. Jadi laksanakan saja rencana anda, segera ambil tindakan dan keajaiban akan datang (“Take action, miracle happen” ).

(4)  Melakukan hal yang ditakutkan

Pernahkah Anda merasa takut, khawatir, atau ragu-ragu ketika akan mengambil suatu keputusan yang besar dalam hidup Anda? Jangan khawatir dengan rasa takut Anda, rasa takut muncul bukan untuk menakuti Anda. Rasa takut yang muncul saat ingin melakukan suatu hal yang besar merupakan pertanda bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang berharga untuk dilakukan, percayalah dengan naluri Anda dan jangan sia-siakan kesempatan yang ada. Karena kemungkinan besar hal yang anda takutkan tersebut akan merubah hidup Anda menuju kesuksesan.

(5)  Percaya pada keyakinan diri sendiri dan terus perjuangkan

Jangan dengarkan dan jangan pedulikan perkataan orang lain yang tidak percaya pada impian-impian Anda, jangan dengarkan orang-orang yang mengatakan bahwa Anda tidak akan berhasil dengan rencana Anda. Bergaulah bersama orang-orang yang percaya dan mendukung impian-impian Anda, jangan membuang energi Anda untuk orang-orang negatif. Teruslah perjuangkan apa yang Anda yakini, kesuksesan Anda ditentukan oleh Anda sendiri, bukan oleh orang lain.

(6)  Waktu sangatlah berharga

Hargailah waktu Anda, mungkin Anda sering sekali menunda-nunda dalam melakukan sesuatu, sekalipun Anda memiliki banyak waktu lakukanlah sesegera mungkin, jangan gunakan waktu Anda untuk hal-hal yang kurang berguna. Untuk mencapai kesuksesan yang Anda inginkan dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, jadi jangan disia-siakan. Semua orang sukses di dunia sangat disiplin dalam menggunakan dan mengatur waktu mereka (“Time is money” ).

(7)  Hasil yang positif diperoleh dari tindakan-tindakan yang positif

Jika Anda menggunakan waktu untuk melakukan tindakan-tindakan positif yang menunjang kesuksesan Anda, maka hasil akhirnya pun akan positif yaitu dengan tercapainya goal atau impian-impian Anda. Kesuksesan yang besar adalah kumpulan atau gabungan dari kesuksesan-kesuksesan kecil yang menjadi satu kesatuan.

(8)  Kesempurnaan adalah khayalan

Tidak ada yang benar-benar sempurna didunia ini, jadi janganlah Anda menunda-nunda tindakan karena Anda merasa waktunya belum tepat atau persiapannya belum sempurna. Mungkin saja Anda bekerja dengan orang yang tidak sempurna, partner Anda tidak sempurna, produk Anda tidak sempurna, layanan Anda tidak sempurna, dll, maka itu tidak masalah, karena di dunia ini memang tidak ada yang benar-benar sempurna kecuali Tuhan. Jadi jika Anda adalah tipe orang yang menuntut kesempurnaan (perfectionist), maka Anda harus segera menjauhkan sifat tersebut, karena sifat tersebut bisa menghambat Anda untuk menuju kekusesan, hargailah setiap ketidak sempurnaan yang menghampiri Anda.

(9) Anda bertanggung jawab 100%atas hidup Anda

Sangatlah mudah bagi seseorang untuk menyalahkan orang lain ketika ia mendapati suatu masalah, akan tetapi menyalahkan orang lain tidak akan menyelesaikan masalah, dan hanya akan membuang-buang energi Anda saja. Jadi janganlah menyalahkan orang lain atas masalah yang Anda hadapi. Jika Anda ingin maju, sukses, dan memperoleh kebebasan yang hakiki, maka Anda harus mau dan siap bertanggung jawab atas diri Anda sendiri, jangan bergantung pada orang lain dan jangan bergantung pada pemerintah, Anda sendirilah yang menentukan keinginan Anda, berdamailah dengan masalalu dan tatap masa depan. “You are stronger and more capable than you think”.

Beberapa Alasan Kenapa Kebanyakan Orang Tidak Mencapai Impiannya

Kebanyakan orang didunia tidak benar-benar mencapai impian atau cita-cita yang diinginkannya. Berikut ini saya tuliskan beberapa alasan yang paling umum kenapa kebanyakan orang tidak mencapai impiannya.

penyebab-orang-gagal


(1)  Impiannya tidak jelas

Ketika Anda tidak tahu kemana sebenarnya arah tujuan Anda, maka akan sulit bagi Anda untuk untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk mencapai suatu impian Anda harus benar-benar sadar dan jelas akan impian Anda tersebut. Contoh: “Saya ingin jadi orang kaya” atau “Saya ingin jadi orang sukses”. Ini adalah impian kebanyakan orang, akan tetapi impian seperti ini terlalu umum dan bukanlah target yang baik, Anda tidak akan mencapai impian Anda jika keinginan Anda tidak jelas seperti itu. Buatlah impian dengan target yang lebih spesifik, terukur, bisa dicapai, dan realistis. Contoh: “Saya ingin memiliki uang 1 Milyar pada 2 tahun yang akan datang dari hasil berbisnis”.

(2)  Sering menunda-nunda

Walaupun Anda memiliki perencanaan yang sangat baik tapi Anda suka menunda-nunda hal yang harus dilakukan, maka Anda tidak akan bisa mencapai impian Anda. Contoh kata-kata penundaan adalah seperti “Ah, nanti saja”, “Ah, besok saja, masih ada waktu”, dsb. Walaupun Anda punya banyak waktu, lakukan saja sesegera mungkin, jangan suka menunda-nunda. Ingat, orang-orang sukses sangat disiplin dalam menggunakan waktu mereka.

(3)  Tidak mau mengambil tanggung jawab

Anda harus mau bertanggung jawab secara penuh terhadap apa yang Anda inginkan, ketika impian belum tercapai atau mengalami kegagalan, jangan menyalahkan orang lain. Perbaiki kekurangan yang ada, dan jangan menyerah. Bertanggung jawablah terhadap semua yang Anda lakukan karena Anda sendirilah yang mengontrol proses untuk mencapai impian tersebut.

(4)  Mudah terpengaruh oleh orang lain

Banyak sekali orang yang gagal mencapai impiannya karena terpengaruh oleh orang lain, entah itu karena orang lain tersebut merasa perhatian, karena iri, karena ketidak mengertian, karena khawatir, karena meragukan, dll. Contoh kasusnya yaitu ketika seorang pemuda yang ingin memulai wirausaha secara mandiri akan tetapi tidak didukung oleh orang tuanya, oleh sodaranya, dan oleh teman-temannya, hanya kerena mereka meragukan kemampuannya atau merasa khawatir akan masa depannya. Dan akhirnya pemuda tersebut mengurungkan niatnya tersebut dan malah menjadi seorang pegawai biasa saja.

Untuk mencapai impian yang Anda inginkan Anda harus mau mengambil resiko ketidakpastian hidup dan yakin bahwa rencana Anda akan berhasil. Perjuangkanlah impian dan jangan mudah terpengaruh oleh orang lain yang meragukan kemampuan Anda.

(5)  Terlalu banyak rencana

Mungkin Anda memiliki banyak rencana untuk mencapai impian-impian Anda, hingga Anda sendiri merasa kebingungan yang mana dulu rencana yang akan dilaksanakan. Hal ini bisa menghambat Anda untuk segera bertindak, dan akhirnya semua impian Anda tidak ada yang tercapai. Anda harus fokus dengan satu rencana, setelah satu rencana tercapai dan impian Anda berhasil terwujud, baru laksanakan rencana-rencana lainnya. Kuncinya adalah fokus pada satu rencana yang paling Anda yakini akan berhasil.

(6)  Berfikir Negatif

Jika Anda berfikir bahwa Anda tidak akan bisa mencapai impian Anda, maka kemungkinan besar Anda memang tidak akan bisa mewujudkan impian tersebut. Untuk mencapai suatu impian, pertama Anda harus yakin dulu bahwa impian tersebut bisa terwujud. Ketika Anda tidak yakin dengan impian yang Anda perjuangkan, maka ketika gagal Anda akan mudah sekali menyerah untuk mencapainya. Akan tetapi jika Anda percaya dan optimis bahwa impian Anda akan terwujud, maka Anda akan bisa fokus dan memperoleh energi lebih untuk mengatasi segala masalah yang muncul. Jadi gunakanlah energi Anda untuk selalu berfikir positif dan optimis bahwa impian Anda bisa tercapai.

(7)  Egois

Banyak sekali orang diluar sana yang pelit terhadap waktu, pelit terhadap uang, dan pelit terhadap pengetahuan mereka, orang-orang seperti ini hanya tertarik pada peluang yang menguntungkan diri mereka sendiri saja. Orang-orang seperti ini tidak akan benar-benar mencapai kesuksesan yang besar, karena untuk mencapai kesuksesan, seseorang akan membutuhkan bantuan orang lain, dan harus membantu orang lain. Sangat sulit bagi orang lain untuk membantu orang yang sifatnya egois. Untuk memperoleh keuntungan Anda harus bisa membuat sesuatu yang memiliki nilai tambah agar bisa membantu kehidupan orang lain.

(8)  Bergaul dengan orang yang salah

Untuk mencapai impian Anda bergaulah dengan orang-orang yang sepikiran dan mendukung impian Anda, jangan bergaul dengan orang yang tidak mendukung rencana-rencana impian Anda. Bergaulah dengan orang-orang sukses lainnya, carilah orang atau partner kerja yang memiliki visi dan misi sama dengan Anda.

(9) Terlalu banyak menonton hiburan

Terlalu banyak menonton hiburan di TV atau menonton film bisa menjadi penghambat Anda menuju impian Anda. Terlalu banyak menonton TV bisa membuat seseorang menjadi tidak produktif dan banyak waktu yang terbuang percuma. Kurangilah waktu Anda untuk menonton televisi/film dan gunakan untuk melakukan hal-hal yang lebih produktif demi tercapainya impian.



Sekian, def+
loading...
.

1 Response to "Hal-hal yang Penting dan Mendasar Agar Dapat Meraih Kesuksesan"