Tips Sederhana Merawat Notebook Agar Awet dan Tahan Lama

Laptop dan notebook merupakan piranti elektronik yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan kita, terutama dalam kehidupan mahasiswa, karena laptop benar-benar multifungsi dan bisa mempermudah mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas selama kuliah, nah, ddalam kesempatan kali ini saya akan memaparkan kepada teman-teman semua car merawat notebook atau laptop agar bisa lebih awet dan tahan lama.

Cara-merawat-laptop-agar-awet-dan-tahan-lama
Cara merawat laptop agar awet

Tips Merawat Baterai

  1. Jangan membongkar, menghancurkan, menusuk, membuka, menjatuhkan, merusak, melakukan hubungan singkat, membuang ke dalam air atau api, atau meletakkan baterai di tempat yang suhunya di atas 60C, apabila hal di atas terjadi sebaiknya di bawa ke service notebook.\
  2. Isilah baterai sesuai dengan penjelasan yang ada di buku panduan dan hanya di area yang berventilasi.
  3. Jangan pernah menggunakan adaptor lain dari Adaptor yang telah disediakan di notebook Anda.
  4. Jangan meninggalkan baterai di tempat yang panas lebih dari satu atau dua hari.
  5. Jangan membiarkan baterai di notebook Anda lebih dari 1 bulan tanpa menghubungkan dengan adaptor AC.
  6. Jangan membiarkan baterai di dalam penyimpanan lebih dari 2 bulan tanpa mengisi ulang untuk mencegah over discharger karena akan merusak baterai tersebut.
  7. Tempatkan baterai yang tidak terpakai dengan baik untuk melindungi lingkungan. Baterai mengandung bahan kimia yang berbahaya, sebaiknya jangan membuangnya dengan sampah rumah tangga atau sampah kantor.

Tips Memaksimalkan Umur Baterai

  1. Jangan meninggalkan notebook terhubung ke listrik dan tidak terpakai selama beberapa jam.
  2. Lepaskan baterai jika Anda tidak menggunakan notebook dalam waktu yang lama.
  3. Pakailah bergantian jika Anda memiliki baterai cadangan bisa anda tanyakan di service notebook.
  4. Apabila anda bekerja dengan adaptor untuk waktu yang cukup lama, lepaskanlah baterai dari notebook anda.
  5. Pastikan notebook dalam keadaan mati pada saat mengganti baterai.
  6. Simpan baterai di tempat kering dan jauhkan dari sinar matahari secara langsung.

Tips Seputar Merawat Notebook

Merawat casing notebook

Casing merupakan bagian notebook yang berhubungan secara langsung dengan dunia luar (debu, uap air, dan suhu). Karena itu, secara teratur, bersihkan casing notebook Anda dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi sedikit deterjen. Sebaiknya, gunakan deterjen yang tidak mengandung zat alkalin. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan lap khusus yang bisa didapat di toko-toko komputer.

Merawat Layar

Kebanyakan notebook menggunakan layar LCD (Liquid crystal display) atau layar kristal cair. Sperti tercermin dalam namanya, LCD dibentuk oleh cairan kristal untuk menghasilkan gambar. Karena tipis atau rapuh jagalah agar layar tidak terkena benda-benda tajam khususnya yang bisa menimbulkan lubang atau goresan. Jika harus menunjuk sesuatu pada layar denga jari atau pulpen, jagalah agar pulpen atau jari kita tidak mengenai layar atau menekannya terlalu keras. Untuk membersihkan layar, gunakan kain lembut yang kering. Ingatlah untuk tidak menekan layar terlalu keras saat membersihkan layar. Bersihkan layar dari satu arah, misalnya dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan.

Merawat batere
  1. Saat mulai mengisi batere, jangan gunakan batere sebelum terisi penuh. Jika Anda menggunakan batere baru yang akan diisi pertama kali, batere itu mungkin tidak terisi sepenuhnya karena karakteristik bahan kimia di dalamnya. Untuk mendapatkan kinerja yang optimal, seluruh sel batere tersebut harus diaktifkan. Caranya adalah dengan mengisi dan mengosongkan sepenuhnya batere notebook Anda sebanyak tiga kali berturut-turut. Hal ini juga berlaku untuk batere yang lama tersimpan atau tidak terpakai selama beerapa bulan.
  2. Jika Anda menggunakan betere Nikel Metal Hydrida (Ni-MH), cobalah untuk mengosongkan batere Anda sepenuhnya setiap beberapa waktu (minggu/bulan) sekali. Pengosongan total ini ditandai modus hibernasi atau indikator batere menunnjukkan tingkat 0%. Pada situasi ini, Anda bisa mencolokkan adapter notebook Anda dan mengisi batere sampai indikator menunjukkan tingkat 100%.
  3. Jika berencana menyimpan notebook Anda dalam jangka waktu lama, lepaskan batere dari notebook dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering. Tempat yang bisa dipakai untuk menyimpan batere ini misalnya ruang berpendingin udara atau ruang dengan sirkulasi udara yang cukup baik.

Merawat notebook secara umum

Notebook tersusun dari aneka komponen elektronik yang kinerjanya dipengaruhi oleh suhu. Suhu yang terlalu ekstrim (misalnya terlalu panas atau terlalu dingin) bisa mengganggu kinerja atau bahkan merusak notebook. Karena itu, jangan meninggalkan notebook Anda dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Panas yang berlebihan dalam mobil bisa merusak komponen-komponen dalam notebook. Bila terdapat kerusakan berat, harap dibawa ke Service Notebook resmi dari produsen laptop anda

Selain itu, untuk melindungi data yang ada di dalam harddisk, jangan letakkan aneka perangkat yang mengandung atau menghasilkan medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar notebook Anda, Perangkat-perangkat penghasil medan magnet ini misalnya speaker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Sekiranya Anda ingin mengakses Internet menggunakan fasilitas infrared pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari notebook Anda.

Hal lain yang tidak kalah pentinnya adalah pertimbangan untuk tidak mematikan notebook saat lampu indikator harddisk masih berkedip-kedip. Jika lampu masih berkedip-kedip semacam ini, artinya harddisk Anda sedang melakukan aktivitas. Hilangnya daya secara tiba-tiba (misalnya saat notebook dimatikan) bisa mengakibatkan kerusakan data atau gangguan apda kinerja harddisk
  • Jika dirawat dengan seksama, kinerja notebook bisa tetap tinggi setelah bertahun-tahun. Bawalah selalu laptop yang rusak ke dealer atau Service Notebook resmi dari laptop Anda.
  • Jangan bekerja di lingkungan dengan suhu diluar yang direkomendasikan oleh pembuat notebook. Umumnya produsen merekomendasikan suhu antara 5  hingga 35 derajat celcius.
  • Jangan bekerja di luar ketinggian yang direkomendasikan untuk notebook. Umumnya notebook direkomendasikan untuk bekerja pada ketinggian di bawah 2500 meter.
  • Jangan bekerja di kelembaban udara terlalu rendah atau terlalu tinggi. Kelembaban udara yang direkomendasikan adalah 8-80%
  • Jangan bekerja dengan notebook dalam keadaan tertutup barang lain seperti buku atau di dalam tas penyimpanan karena akan mengganggu sirkulasi udara yang menyebabkan system Heating
  • Jangan menaruh laptop di tempat yang mudah jatuh.
  • Jangan bekerja di dekat perangkat elektronik lain seperti televisi, amplifier, kulkas, microwave oven. Jarak paling dekat adalah radius 15- 20 cm.
  • Jangan bepergian dengan tas notebook yang isinya super padat. Gunakan tas yang laptop dan jangan jejali tas dengan barang- barang bawaan lain. Letakkan notebook pada posisi aman bila bepergian dengan kendaraan. Jangan sampai ia bergeser apalagi terjatuh. Singkirkan floppy, CD, PC Card, dari drive-nya sebelum anda memasukkan laptop ke dalam tas untuk bepergian bersamanya.
  • Jangan mencolokkan kabel power ke jala listrik AC dengan posisi kabel yang mengganggu lalu lintas orang.
  • Nyalakan laptop secara rutin setiap hari setidaknya selama setengah jam sampai satu jam. Bila tidak dipakai dalam jangka waktu lebih dari seminggu, simpan di tempat terlindungi, bersuhu baik, dan tidak lembab. Lepas baterai dari bodinya. Pada saat mau membuka notebook keadaan tangan berada di tengah agar mencegah kerusakan pada engsel. Pemakaian lebih dari 5 jam sebaiknya dimatikan selama 1 jam, agar mengurangi panas didalam notebook
  • Notebook jangan di nyalakan selama 24jam. Karena ruang udara begitu sempit sehingga sirkulasi udara tidak maksimal.


Baterai

Jangan sampai anda tidak pernah menggunakan baterai sama sekali. Setidak-tidaknya setiap minggu, ajak laptop anda bekerja dengan daya baterai sehingga sel-sel di dalam tetap bekerja secara rutin. Apabila anda tidak bekerja dengan notebook lebih dari dua minggu, sebaiknya anda melepaskan baterai dari bodi/tempatnya dan menyimpannya didalam temperature kamar (25derajat C) dan jangan pernah menyimpan baterai pada temperature udara yg panas. Jangan sampai baterai di recharge secara terus menerus jika sudah dalam keadaan 100%. Karena bisa merusak sel sel didalam baterai. Jika anda tidak terlalu meperhatikan keadaan baterainya, sebaiknya Anda melepaskan baterai dari bodi/tempat notebooknya.

LCD

Tidak menyetel kontras dan kecerahan terlalu tinggi karena terlalu tinggi membuat layer display harus “bekerja lebih keras”ketika memunculkan gambar. Memasang screen saver BLANK sesuai dengan tabiat atau kebiasaan anda bekerja. Jangan biarkan layer tetap menyala ketika anda cukup sering bolak balik meninggalkan laptop. Dengan memasang screen saver BLANK, layer tidak dipaksa untuk menampilkan warna. Bilamana diperlukan, atur monitor mati dengan sendirinya setiap beberapa menit menyesuaikan kebutuhan anda.- Mengatur pola penggunaan baterai layer LCD dgn menyetel melau Power Management pada system operasi. Gunakan menu Suspend, Standby, dan Hibernate secara maksimal. Setel frekuensi pada tingkat yang tidak mengganggu mata. Manfaatkan pengaturan menu dari Display Properties semaksimal mungkin.

Hal-hal yang TIDAK DILAKUKAN antara lain:

  1. Meletakkan Notebook di dalam bagasi karena terlalu banyak goncangan.
  2. Memberi beban yg berlebihan diatas notebook.
  3. Memasukkan notebook ke dalam tas penyimpanan yang terlalu penuh dgn barang2 bawaan yang lain. Ketika anda bergerak membawa tas itu, tekanan terhadap notebook tidak bisa anda prediksi.
  4. Menekan layer permukaan LCD. Layar tsb berisi cairan. Bila layer bocor atau terkoyak, dipastikan ia akan rusak dan harus diganti.
  5. Meletakkan notebook dalam keadaan terbalik (posisi layer di bawah). Perhatikan hal ini terutama bila Anda sering bepergian menggunakan pesawat dan melewati pintu pemeriksaan inframerah.
  6. Mengangkat atau menenteng notebook dengan memegang bagian layer. Meletakkan notebook di dekat peralatan elektronik lainnya. Jarak yang paling aman adalah pada radius 15 cm.
  7. Membiarkan notebook dalam keadaan terbuka telanjang padahal tidak digunakan dalam jangka lama. Ingat, debu termasuk musuh utama peranti seperti notebook.
  8. Meletakkan barang-barang kecil seperti spidol, bolpen, pensil, penjepit kertas, atau penghapus, di atas keyboard. Bila anda terburu- buru, bisa jadi anda akan segera menutup layar, lalu spidol dan kawan-kawannya tadi akan mengganjal dan membikin masalah pada notebook anda.

Demikianlah teman-teman beberapa tips dan trik dalam merawat laptop temen-temen biar lebih awet dan tahan lama, semoga artikel ini bermanfaat..

deffendy+
loading...
.

2 Responses to "Tips Sederhana Merawat Notebook Agar Awet dan Tahan Lama"

  1. terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/essen-kilo-gebrus-nila/

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya, semoga informasinya bermanfaat... dan terima kasih sudah berkunjung

      Delete