Tips Mencari Kerja Bagi Fresh Graduate


Memulai Menjadi seorang Fresh Graduate

   Setiap lulusan atau fresh graduate perguruan tinggi pasti mendambakan pekerjaan yang layak.Professional dan Proporsional.Apakah nanti pekerjaan yang kita cari itu sesuai dengan bidang studi yang kita geluti yang kita pelajari selama kuliah? Apakah pekerjaan itu juga bisa mensejahterakan kita nanti ke depan? Itu semua adalah pertimbangan penting atau dalam hal ini bisa dikatakan pertimbangan awal bagi fresh graduate yang akan memasuki dunia kerja.
  Banyak kasus yang terjadi misalnya ada teman kita dimana sewaktu kuliah dia adalah mahasiswa yang berprestasi, atau bahkan pernah menjadi asisten dosen. Namun sekali lagi dalam dunia kerja, hal itu tidak begitu mempengaruhi secara signifikan bahwa kita akan mendapat pekerjaan yang kita dambakan dengan mudah. Perusahaan pasti mempunyai kriteria sendiri dalam menseleksi karyawan, tidak semata-mata melihat berapa IP-nya sewaktu lulus dari perguruan tinggi. Namun bisa juga perusahaan melihat dari kemampuan kita dan keahlian kita apakah nanti akan berguna bagi perusahaan.
  Itu hanyalah sebuah pengantar, namun sekali lagi perlu diingat bahwa pekerjaan tidak datang dengan sendirinya.Anda harus aktif mencari dan melamar pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda sendiri atau setidaknya masuk dalam kriteria Anda.Mau bekerja seperti apapun, Andalah yang menentukan. Agar tidak mengalami kesulitan dalam job hunting, maka berikut adalah cara memperoleh informasi lowongan kerja :
  1. Jika ada perusaahaan yang Anda cari dekat dengan rumah Anda, maka segeralah cari informasi sebanyak-banyaknya baik dari orang sekitar lingkungan perusahaan, atau datang sendiri ke perusahaan untuk mencari tahu lebih mendalam tentang jabatan apa yang sedang dicari perusahaan beserta syarat-syaratnya.
  2. Cara yang kedua ialah dengan mencari lowongan kerja dari artikel atau iklan yang bisa diperoleh dari media massa, baik elektronik, maupun cetak. Karena jaman sudah semakin maju, maka informasi lowongan kerja dewasa ini sangat mudah untuk didapat.
  3. Tidak jarang bahwa ada hubungan atau kerjasama antara lembaga pendidikan dengan perusahaan tertentu. Perusahaan kadang mencari tenaga kerja dari lembaga pendidikan yang ditunjuk. Perusahaan melakukan ini biasanya karena memang memiliki persepsi bahwa lulusan dari lembaga pendidikan itu memiliki kualitas dan keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.
  4. Nepotisme dalam hal ini adalah istilah untuk menjelaskan bahwa seseorang dapat langsung mendapatkan kerja karena adanya koneksi dari sanak famili atau keluarga. Jika perusahaan merekrut tenaga kerja melalui nepotisme, maka biasanya dilakukan berdasarkan loyalitas serta adanya kepentingan dalam perusahaan tersebut, atau sudah memegang jabatan tertentu dimana bisa berwenang memasukkan sanak famili ke perusahaan.
  5. Baru-baru ini banyak kegiatan Job Fair atau seperti bursa lapangan kerja yang diadakan khusus bagi mereka yang ingin mendapat pekerjaan. Dari beberapa perusahaan berkumpul di satu tempat untuk menerima begitu banyak lamaran dari para pencari kerja. Maka tak jarang acara bursa kerja atau job fair ini banyak dikunjungi oleh para calon tenaga kerja karena banyak kemudahan yang bisa didapatkan. Anda bisa dengan mudah bisa mencari informasi lengkap, mulai dari sejarah perusahaan hingga sistem perusahaan. Jika Anda berminat maka tinggal mengisi formulir pendaftaran dan kelengkapan administrasi seperti surat lamaran dan CV (Curiculum Vitae).


Berbagai Pertimbangan dalam Mencari Pekerjaan

Jika Anda sudah menemukan lowongan kerja yang sesuai, ada baiknya mencermati kualifikasi yang Anda miliki saat ini. Agar tidak merasa kesulitan, saya akan sedikit memaparkan langkah-langkah dalam mencermati lowongan kerja :
  1. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Kenali kemampuan Anda lebih mendalam dan menemukan potensi Anda. Cermati pula prestasi yang Anda miliki, karena bisa menjadikan bahan perusahaan untuk menentukan. Jika Anda mampu melihat semua kemampuan diri Anda, niscaya Anda tidak akan salah dalam melamar pekerjaan.
  2. Belajarlah Ketrampilan Lain, karena selain nilai dan prestasi yang Anda dapatkan selama mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, ada baiknya Anda belajar keterampilan lain, misalnya cobalah untuk Kursus computer, pelatihan media elektronika, atau kursus lain yang sesuai dengan bakat dan minat Anda, karena nanti itu akan sangat menunjang karir Anda di perusahaan.
  3. Cobalah menguasai bahasa asing, karena penguasaan bahasa asing merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi Anda yang memilih untuk bekerja di perusahaan asing, perbankan, perhotelan, atau di dunia pendidikan. Karena itu, kuasailah bahasa asing, setidaknya satu bahasa asing, yaitu Bahasa Inggris karena merupakan bahasa internasional yang digunakan. Namun tidak menutup kemungkinan juga untuk mempelajari bahasa lain, seperti Jepang, Mandarin, Prancis, Italia, dan Spanyol. Penguasaan bahasa asing kini juga dipermudah dengan adanya lembaga pendidikan bahasa asing yang akan banyak membantu Anda dalam penguasaan bahasa asing.
  4. Kirimlah surat lamaran sebanyak-banyaknya, lebih dari satu kali. Karena ketika kita mengirim lamaran, belum tentu lamaran itu akan langsung memperoleh jawaban, apalagi memperoleh jawaban yang memuasakan. Itu karena banyaknya pelamar yang mendaftar di perusahaan tersebut. Maka ada baiknya Anda mengirimkan surat lamaran anda ke perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja.
  5. Jangan menunda membuat surat lamaran pekerjaan. Bila Anda mengetahui ada lowongan, dan kebetulan sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Maka segeralah membuat surat lamaran, jangan ditunda. Dalam hal ini juga pembaca perlu memperhatikan membuat lamaran yang baik dan benar serta surat lamaran yang menarik agar peluang Anda untuk diperhatikan dan diterima lebih besar.

    Membuat surat lamaran yang persuasif, maksudnya ialah buatlah surat lamaran kerja Anda dengan sebaik-baiknya. Surat lamaran yang Anda buat itu sangat berharga buat Anda, karena surat lamaran itu akan menunjukkan kepribadian dan kemampuan Anda. Perusahaan akan langsung bisa menilai Anda layak atau tidak hanya dengan melihat surat lamaran saja. Oleh karena itu buatlah surat lamaran Anda sebaik-baiknya sehingga dapat mengantarkan Anda mendekati kesuksesan.
Namun timbul pertanyaan, apakah mampu surat lamaran yang kita buat lebih baik dari yang lain? Sedangkan kita tahu calon pencari kerja yang lain juga akan membuat surat lamaran dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu akan saya sedikit paparkan cara membuat surat lamaran yang baik dan benar :
  • Buatlah surat lamaran kerja yang sesuai dengan standar yang ditentukan, yaitu surat lamaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi dari pelamar serta sesuai dengan kebutuhan perusahaan,
  • Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis surat lamaran kerja. Jika Anda membuat surat lamaran dalam bahasa Inggris, lakukan pengecekan. Pastikan Anda membuat surat lamaran bahasa Inggris yang juga baik dan benar.
  • Memilih kertas yang sesuai. Anda dapat menuliskan surat lamaran kerja pada kertas folio atau dengan ukuran kertas kuarto. Akan tetapi, jangan coba-coba menulis surat lamaran pada kertas selain warna putih bersih. Karena surat lamaran adalah surat yang bersifat formal.
  • Tuliskan data Anda, yakni nama, alamat rumah, nomor telepon, maksud, tujuan dan isi secara lengkap, dan hati-hati agar jangan sampai terjadi kesalahan ejaan. Maka sebelum Anda mengirimkan surat lamaran kerja, telitilah lebih dahulu.
  • Janganlah lupa menuliskan kode jabatan yang dilamar apabila diminta.
  • Adapun isi surat lamaran yang ideal adalah dengan menambahkan sesuatu pada diri Anda yang bersifat mempromosikan diri Anda. Cobalah menulis kekuatan atau kelebihan Anda yang mendukung pekerjaan yang ditawarkan, misalnya pengalaman organisasi, pengalaman kerja, dan ketrampilan.
  • Anda bisa menulis surat lamaran dengan computer atau tulisan tangan tergantung apa yang diminta perusahaan
  • Tuliskan kesediaan Anda untuk mengikuti proses lainya, seperti tes wawancara atau tes tertulis
  • Jangan coba-coba mengirimkan fotokopi surat lamaran. Buatlah yang asli dan autentik
  • Amplop harus bersih dan rapi, bertuliskan alamat yang jelas. Apabila ada kesalahan pada amplop, jangan harap surat lamaran Anda terkirim pada alamat yang dimaksud.


sumber gambar : google.com

Berikut adalah bagian dari surat lamaran secara formal, antara lain :

  • Alamat dalam
  • Tanggal surat
  • Salam pembuka
  • Paragraf pertama
  • Paragraf kedua
  • Merujuk daftar riwayat hidup
  • Paragraf penutup
  • Salam penutup
  • Nama

Surat lamaran yang ideal hendaknya memuat :

  • Bagaimana Anda mengetahui adanya lowongan pekerjaan
  • Pernyataan singkat mengapa Anda tertarik dan merasa yakin bahwa Anda memenuhi kriteria untuk pekerjaan itu.
  • Permintaan untuk mengikuti tes berikutnya
  • Keterangan di mana dan kapan Anda dapat dihubungi.


    Surat lamaran kerja sebenarnya tidak berdiri sendiri, melainkan harus didukung pula dengan berkas lain seperti daftar riwayat hidup atau disebut Curiculum Vitae (CV). Adapun isi dari CV berupa data pribadi, pendidikan, dan pengalaman kerja.Untuk mengisi CV, diperlukan kejujuran Anda dalam meninjau diri, terutama latar belakang Anda.

Berikut pokok-pokok isi dari daftar riwayat hidup, seperti :

  1. Heading. Dalam hal ini berisi biodata Anda seperti nama, alamat, nomor telepon yang dapat dihubungi, tempat, tanggal lahir, jenis kelamin, agama, status perkawinan, kesehatan, dan Email.
  2. Riwayat pendidikan. Dalam hal ini riwayat pendidikan berisi mengenai latar belakang pendidikan Anda. Jangan lupa cantumkan tahun pendidikan mulai dari tahun pendidikan sampai tahun lulus. Tulis pula nama lembaga dan jurusan yang Anda pilih serta gelar.
  3. Riwayat pekerjaan. Riwayat pekerjaan berisi latar belakang pekerjaan yang pernah Anda geluti. Tuliskan nama perusahaan, serta posisi fungsional Anda dan juga tahun Anda bekerja.
  4. Keterampilan dan kemampuan yang relevan. Isilah dalam kolom ini keterampilan yang Anda miliki dan Anda anggap merupakan sebuah nilai plus dari diri Anda. Seperti memiliki kemampuan bahasa asing, baik lisan maupun tulisan, mengoperasikan komputer dan mengaplikasikan komputer dengan baik.
  5. Kegiatan dan keberhasilan lain. Jika Anda pernah memiliki atau mengikuti organisasi, maka hal itu perlu untuk dicantumkan disini. Tulislah jabatan yang Anda dapat ketika menggeluti organisasi. Jangan lupa cantumkan juga kegiatan apa saja yang pernah Anda ikuti, misalnya mengikuti beberapa kegiatan sewaktu di kampus, mengikuti berbagai macam seminar, workshop, pelatihan dan lain sebagainya.
sumber gambar : google.com


  Setelah surat lamaran selesai beserta berkas pendukungnya sudah selesai Anda tulis, Anda tinggal mengirimkan surat lamaran tersebut ke alamat perusahaan yang Anda tuju. Setelah Anda kirim, Anda tinggal menunggu jawaban dari perusahaan. Namun sarannya, hendaknya jangan pasif hanya menunggu jawaban dari satu perusahaan saja. Tetaplah mengirim sebanyak-banyaknya surat lamaran ke perusahaan lain yang juga sedang membuka lowongan pekerjaan. Semoga sukses

   Sekian sedikit tulisan saya kali ini, tulisan saya selanjutnya mengenai bagaimana sih agar siap mental dalam menghadapi wawancara kerjaakan segera saya tulis as soon as possible.

Salam, def+

loading...
.

0 Response to "Tips Mencari Kerja Bagi Fresh Graduate"

Post a Comment