Tips Memilih Leptop yang Ingin Dibeli Dengan Benar

Memilih Leptop - Jika dalam waktu dekat sobat memiliki keinginan nutuk membeli leptop atau notbook hal perrtama yang perlu diperhatikan adalah membelinya sesuai dengan kebutuhan, agar tidak terkesan sia-sia karena pengguanakaan nya yang kurang maksimal atau tidak sesuai dengan kebutuhan sobat. Kali ini sumbbu akan membantu sobat sekalian untuk memilih leptop atau notbook yang ingin di beli supaya sesuai dengan kebutuhan, silahkan perhatikan pertanyaan – pertanyaan berikut sebelum membeli leptop atau notebook.


1. Apakah leptop ini akan menjadi computer utama atau kedua? 

Kebanyakan leptop sebenarnya di desain sebagai computer pendamping, artinya untuk kebutuhan rutin sobat menggunakan computer destop dan hanya pada keadaan tertentu beru menggunakan laptop. Namun belakangan dengan harga leptop yang semakin murah dan terjangkau serta  kemampuan yang semakin baik, leptop menjadi pilihan utama alias computer yang digunakan setiap saat.

Jika sobat ingin menggunakan leptop sebagai computer utama perhatikan baik – baik factor kenyamanan dan kempuannya, termasuk ukuran layar, apakah terlalu kecil sehingga tidak nyaman digunakan berlama-lama. Nah, jika sobat digunakan sebagai computer pendamping maka factor kenyamanan bisa sedikit dikesampingkan. Hal yang lebih utama adalah apakah leptop yang ingin sobat beli memiliki keunggulan seperti bobot yang lebih ringan karena hanya digunakan saat perjalanan saja.


2. Berapa lama sobat berencana menggunakan leptop dalam sehari?

Waktu penggunaan wajar untuk sebuah leptop kurang lebih adalah 6 jam dalam sehari. Namun bukan berarti leptop tidak bisa digunakan melebihi waktu tersebut apalagi saat ini banyak sekali leptop dengan spesifikasi yang bagus, hanya saja banyak factor yang perlu diperhatikan.

Factor pertama yang harus diperhatikan adalah kenyamanan, bila sobat menggunakan laptop lebih dari 6 jam sehari pastikan sobat cukup nyaman memakai nya. Misalnya ukuran keyboard terlalu kecil untuk mengetik berjam-jam kemudaian layar juga tidak membuat sobat memicingkan mata terlalu lama.

Nah, jika penggunaan nya memang hanya untuk sebentar saja, terbuka pilihan untuk memkai laptop (netbook) yang lebih kecil dan ringkas. Sebuah netbook dengan ukuran layar 10 inci kebawak masih terasa cukup nyaman digunakan dua atau tiga jam.

Factor lainnya tentunya adalah dayatahan, jika ingin digunakan dalam waktu yang lama setiap harinya, dan digunakan secara rutin tiap harinya, pilih leptop dari merek yang dikenal dan terpercaya memiliki produk dengan dayatahan kwalitas terbaik.

Factor batrai tentunya harus dipertimbangkan jika dibandingkan dengan waktu penggunaan. Kebanyakan batrai leptop mampu bertahan selama 3 sampai 6 jam.

3. Dimana sobat akan menggunakannya?

Lokasi juga patut menjadi pertimbangan saat hendak membeli leptop, sobat bisa memperkirakan lokasi manasaja yang akan sering sobat saat menggunakan nya.

Lokasi yang terbilang cukup aman adalah ruangan kantor atau kelas ber AC yang cukup dingin. Lokasi seperti ini cocok bagi segala jenis laptop, termasuk yang paling ringkih sekalipun, karena suhu ruangan yang dingin membantu kinerja leptop dan perangakat elektronik lainnya.

Namun jika sobat mahasiswa biasanya penggunakan akan sering di lakukan diruangan terbuka, seperti kantin, tempat nongkrong dan tempat lain nya. Loksi seperti ini lebih rentan karana suhu ruangan tidak terjaga dengan baik.

Hal ini bukan berarti sobat yang seorang mahasiswa harus membeli leptop dengan kekutan yang luarbiasa, bisa jadi sobat justru lebih baik menggunakan leptop dengan harga yang tidak terlalu mahal, denga pertimbangan resiko dari penggunaan pada tempat – tempat tersebut. Sederhananya cepat rusakpun taka pa toh harganya tidak terlau mahal.

Lokasi pertimbangan lainnya adalah ketika diperjalanan, leptop yang rencananya akan banyak digunakan dalam perjalanan misalnya dalam pesawat, sebaiknya anda memilih leptop yang ringan. Kemudaian leptop lebih baik berukuran kecil.


4. Kegiatan apasaja yang ingin anda lakukan dengan leptop tersebut ?

Hal yang ingin sobat lakukan dengan leptop menjadi pertimbangan penting karena berpengaruh pada kemampuan jeroan leptop serta kelengkapan fiturnya. Hal paling umum untuk sebuah laptop adalah kegiatan sehari-hari seperti mengetik, presentasi, dan akases internet. Ini bisa dipenuhi nyaris semua laptop.

Namun untuk kegiatan yang lebih spesifik maka diperlukan jenis laptop yang lebih spesifik pula. Misalnya leptop akan digunakan untuk kebutuhan grafis seperti membuat desain, bermain game dan lain sebagainya, maka yang perlu diperhatikan adalah kemampuan grafis, untuk saat ini sudah banyak dan tidak susah mendapatkan leptop dengan spesifikasi yang mendukung kebutuhan anda

5. Dana atau budged yang anda miliki ? 

Tak kalah pentingnya dari hal-hal diatas, bila sobat ingin membeli sebuah leptop setelah menjawab beberapa pertanyaan diatas maka sobat harus sesuaikan dengan kemampuan atau budged yam sobat miliki. Jangan sampai sobat membeli leptop berspesifikasi tinggai denga harga yang murah namun kwalitasnya belum ter uji, kemudian yang terjadi leptop akan cepet rusak. Lebih baik sobat membeli leptop dengan spesifikasi yang biasa saja namun kualitas dan tingkat ketahanannya telah teruji.

Dari beberapa pertanyaan diatas semoga dapat membantu sobat sekalian dalam menentukan jenis dan merek leptop apa yang ingin dibeli. Jangan lupa follow blog kami dan Nantikan artikel menarik selanjut nya .

Salam A121f                

loading...
.

0 Response to "Tips Memilih Leptop yang Ingin Dibeli Dengan Benar "

Post a Comment