Sejarah Perjalanan Pembuatan Komputer

Computer sudah lama ada, pada tahun 1951 komputer pertamakali dibeli untuk kepentingan bisnis. Lalu computer berkembang begitu cepat sehingga orang – orang sangat sulit mengikuti peerkembangannya. Perubahan tersebut terlalu cepat seingga masyarakat tidak tahu bagaimana computer modern dan kapan sejarah tersebut dimulai.

Komuter adalah alat olah data sesuai prosedur yang elah ditentukan. Istilah computer mulanya merujuk kepada orang yang berprofesi sebagai penghitunga aritmatika, baik memakai atau tanpa alat bantu. Namun seiring berjalan nya waktu computer merujuk kepada mesin atau alat bantu penghitung. Mualanya computer hanya sebatas alatbantu perhitungan matematika, namun seiring perkembangan computer modern dipakai untuk beragam tugas tidak selalu terkait dengan matematika. Dari yang sebelum nya hanya sebagai alat penghitung semacam slid-rule semacam kalkulator hingga berkembang menjadi alat yang memproses informasi atau sitem pengolahan informasi.
           
Pada kesempatan kali ini sumbbu akan membahas tentang perjalanan computer dari awal mula atau cikal bakal terciptanya computer modern seperti yang kita ketahui pada saat ini

Computer, mesin hitung yang pertama

Sejak zaman dahulu orang berurusan dengan data dan angka. Mula- mula mereka membuat simpul pada tali dan lembaran tanah liat untuk membuat catatan stok barang dagangan. Beberapa sumber mengatakan ABACUS yang usianya 5000 tahun merupakan alat hitung pertama. Seiring komplektisitas system pajak dan perdagangan, masayarakat mulai membutuhkan alat yang lebih cepat dan efektif dan akurat untuk menyimpan catatan.
            
Sejak dahulu proses olah data atau perhitungan sudah dilakukan manusia. Seiring berkembangnya zaman manusia mulai menciptakan alat-alat mekanik dan elektronik guna membantu olah data dan perhitungan agar mendapatkan hasil yang lebih cepat dan akurat. Computer yang kita ketahui pada masa ini merupakan hasil evolusi panjang dari penemuan manusia masa silam berupa alat mekanik ataupun elektronik. Saat ini computer dan piranti pendukungnya telak masuk ke segala lini kehidupan dan pekerjaan.  
            
Alat olah data yang telah ada dari zaman dahulu ini dapat dibagi menjadi empat golongan menurut penggunaan nya .
Pertama, alat manual yang merupakan alat olah data sederhana foktor terpenting dari alat ini adalah manusia sebagai pengguna nya.
Kedua, alat mekanik merupakan alat berbentuk mekanik yang digerakkan atau di operasikan oleh manusia secara manual.
Ketiga, alat mekanik elektronik merupakan alat mekanik yang dierakkan secara otomatis oleh motor elektronik
Keempat, alat elektronik merupakan alat yang cara kerjanya sepenuh nya digerakkan atau di kendalikan oleh elektronik.

Berikut ini gambaran sejarah computer darimasa kemasa dan klasifikasi computer dari generasi ke generasi sampai menjadi sebuak computer modern yang kita temui saat ini.

Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik

             Abacus muncul sekitar 5000 tahun lalu di Asia kecil, yang hingga kini di beberapa daerah masih sering digunakan. Alat ini bisa dikatakan cikal bakal atau pelopor mesin komputasi. Alat ini digunakan untuk membantu menghitung dengan biji-biji yanh dipasang dan diatur dalam sebuah rak. Dulu para pedagang menggunakan Abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Kemudian setelah munculnya pensil dan kertas khususnya di eropa Abacus mulai kurang popular.

Tahun 1942 oleh Blaise Pascal

            Hamper 12 abad kemudian, tradisi komputasi mulai berubah. Tahun 1942 Blaise Pascal (1623-1663) menemukan kalkulator roda numeric (numerical wheel calculator). Alat ini digunakan untuk membantu ayah nya menghitung pajak. Maka kotak persegi yang terbuat dari kuningan tersebut di namai Pascaline. Alat tersebut menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlah bilangan hingga delapan digit. Ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh, namun alat ini hanntya terbatas melakukan penjumlahan.

Tahun 1694 Gottfred Wilhem Von Leibniz

            Tahun 1694, seorang ilmuan matematika dan filsuf Jerman Gottfred Wilhem Von Leibniz (1646-1716) mengembangkan pascaline denga cara membuat mesin yang dapat melakukan perkalian. Alat mekanik ini juga bekerja dengan mengguanakan roda-roda bergerigi setelah mengkaji catatan dan gambar yang dibual Pascal, Leibniz berhasil menyempurnakan alatnya.

Tahun 1820 Charles Xavier Thomas de Colmar

            Mulai tahun 1820, kalkulator mekanik mulai popular, Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang mampu melakukan empat fungsi aritmatika dasar. Kalkulator mekanik Colmar (aritometer), melakukan presentasi  pendekatan yang lebih lebih praktis dalam kalkulasi. Alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Aritometer banyak digunakan hingga perang dunia I. Bersama Pascal dan Leibnes, Colamar membangun era komputasi mekanikal.

Tahun 1812 Charles Babbage

            Mulannya computer yang sebenarnya diciptaka oleh professor matematika asal Inggris Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812 Babbage mencermati kesesuaian alam antara mesin mekanik dan dan matematika. Mesin mekanik sangat baik dalam menjalankan tugas yang sama berulang-ulang kali tanpa kesalahan, sedangkan matematika membutuhkan repetisi sederhana dari langkah-langkah tertentu. Masalah tersebut lantas berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat menjawab kebutukan matematik. Usaha pertama Babbage untuk menjawab masalah ini muncul pada tahin 1822, ketika iyu ia mengusulkan suatu mesin untuk menghitung persamaan defrensial yang dinamakan dengan Mesin Defrensial. Dengan tenaga uap mesin tersebut mampu menyimpan program dan melkukan kalkulasi dan mencetak hasin nya  secara otomatis. Setelah bekerja dengan Mesin defrensial selama 10 tahun Babbage mulai terinspirasi membuat computer General Purpose yang pertama, computer ini disebut dengan Analytical Engine. Asisten Babbage, Agusta Adan King (1815-1842) memiliki peranan penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana pembuatan alat ini dan mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mempresentasikan spesifikasi Analytical Engine kepada public. Selain itu pemahaman Agusta yang baik tentang mesin ini memungkinkan nya membuat instrusi untuk dimasukkan kedalam mesin, akhirnya iapun menjadi programmer pertama wanita. Tahun 1880 Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai bentuk penghormatan kepad Agusta

Tahun 1889 Herman Hollerith

            Meski tidak pernah selesai dikerjakan, mesin uap Babbage tampak sangat primitive, bila dibandingkan dengan standar masakini. Alat tersebut menggambarkan elemen dasar sebuah computer modern yang mengungkapkan sebuah konsep penting. Alat tersebut memiliki kurang lebih 50.000 komponen dengan desain dasar menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi mesin Analytical Engin. Pada tahun 1889 Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip perforasi untuk melakukan perhitungan. Tugas pertamanya adalah menerapkan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Penduduk Amerika Serikat. Sebelumnya sensus silakukan pada tahun 1880 dan membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan.
            Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk melakukan data sensus lalu data tersebut dioalah oleh alat tersebut secara mekanik, sebuah kartu mampu menyimpan hingga 80 variabel. Dengan alat tersebut data sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selai kecepatan kartu tersebut juga berfungsi sebagai media penyimpanan data. Tingkat kesalahan penghitungan juda dapat ditekan secara drastis. Hollerith mengembangkan alat tersebut kemudian menjualnya kepada masyarakat. ia kemudaian mendirikan Tabulating company pada tahun 1896 yang kemudian berubah mejadi International Bussines Machine tahun 1924 setelah beberapa kali marger. Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burrohg juga memproduksi alat untuk membaca kartu perforasi untuk usaha bisnis. Kertu perforasi digunakan oleh kalangan pembisnis dan pemerintah untuk memproses data hingga tahun 1860.

Tahun 1931 Vannevar Bush

            Pada masa berikutnya para insinyur menemukan alat baru. Tahun 1931, Vannevar Bush membuat kalkulator untuk menyelesaikan persamaan defferensial. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan deffrensial komplek yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademis. Mesin itu sangat besar dan berat karena menggunakan ratusan poros dan gerigi dalam melakukan perhitungan.

Pada tahun 1903 John V. Atanasoff dan Clifford Berry

            Pada tahun 1903 John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat computer elektrik yang menerapkan Aljabar Boolean pada sikuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan dari hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa system biner aljabar, yang menyatakan setiap persamaan matematika dapat menyatakan benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar atau salah kedalam sikuit listrik dengan bentuk terhubung terputu, Atanasoff dan Barry membuat computer elektrik pertama pada tahun 1940. Namun proyek ini terhenti oleh karena sumber pendanaan.

Kemudaian setelah tahun 1903 perkembangan computer berjalan sangat cepat hingga terciptanya sampai terciptanya computer modern seperti yang kita bisa lihat saat ini. Pada masa ini computer masuk kesemua lini kehidupan dan pastinya akan terus berkembang seiring dengan majunya zaman. Maka dari itu perlu bagi kita sekalian selalu mengapdate pengetahuan kita tentang jenis dan fungsi dari computer, karena dapat menunjang pekerjaan dan membantu dalam proses belajar.
Semoga artikel kali ini dapat membantu sobat sekalian

Salam A121f

            
loading...
.

0 Response to "Sejarah Perjalanan Pembuatan Komputer "

Post a Comment